Senin, 21 Desember 2015

Pengertian APARTEMEN



Menurut ( KBBI ) Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Apartemen adalah :
Tempat tinggal ( yang terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur dsb ) yang berada pada 1 lantai bangunan bertingkat.
Atau Bangunan bertingkat, terbagi dalam beberapa tempat tinggal.

Definisi Apartemen sebagaimana pasal UURS No. 16 tahun 1985 menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan Apartemen adalah :
 " Gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan, terbagi atas bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dalam arah vertikal dan horisontal dan merupakan satuan-satuan yang dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, yang dilengkapi dengan bagian bersama, tanah bersama dan benda bersama". 


Apartemen / Flat / Rumah Pangsa, merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen. Jadi didalam apartemen ditinggali banyak keluarga yang berbeda.

Awalnya, apartemen lebih dikenal sebagai tempat tinggal bagi orang asing ( ekspatriat ), orang kaya, atau mereka yang telah terbiasa tinggal di luar negri. Namun sekarang, tinggal di apartemen sudah dianggap sebagai gaya hidup dan kebutuhan masyarakat modern masa kini, terutama bagi para eksekutif muda yang ingin hidup serba nyaman, aman, praktis dan efisien.
Karena biasanya apartemen dibangun dekat dengan kawasan perkantoran, bisnis, industri, sekolah, pusat perbelanjaan, pusat hiburan dan sebagainya. Dengan berbagai fasilitas di sekelilingnya.

Apartemen memiliki kekhususan jika dibanding dengan hunian biasa ( landed house ). Maka aturan membeli, memiliki dan meninggali apartemen pun berbeda.

Mari lebih " Mengenal Apartemen " lewat artikel-artikel dibawah ini.
Semoga bermanfaat...