Senin, 21 Desember 2015

Memilih Rumah atau Apartemen




           Memiliki rumah maupun apartemen masing-masing punya kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda sehingga membuat orang menjadi ragu, apakah harus membeli rumah atau apartemen.
Berikut beberapa aspek dan faktor pertimbangan dalam memilih :

* Lokasi
   Harga tanah di pusat kota sudah terlalu mahal untuk pembangunan perumahan / real estate. Maka solusi terbaik adalah membangun tempat tinggal secara vertikal sehingga dapat dinikmati oleh orang banyak. Apartemen biasanya dibangun di daerah strategis, berdekatan dengan perkantoran, pendidikan, pusat belanja, hiburan dan rekreasi. Jika lokasi adalah faktor utama maka membeli apartemen adalah pilihannya.

* Harga
   Perbedaan yang paling signifikan antara rumah dan apartemen adalah harganya. Dengan harga yang sama, jika untuk membeli "apartemen" hanya mendapatkan luas bangunan yang kecil tapi berada ditengah kota, sedangkan apabila untuk membeli "rumah" mendapatkan luas banguan yang besar tapi berada diluar kota.

* Fasilitas
   Hampir seluruh apartemen memiliki fasilitas-fasilitas yang sangat lengkap seperti lapangan tenis, taman bermain, kolam renang, sauna, fitness center dan lainnya.

* Legalitas
   Jika membeli sebuah "rumah", maka akan mendapat SHM ( Sertifikat Hak Milik ). SHM adalah surat kepemilikan yang terkuat, tidak ada batas waktu, bisa diwariskan turun temurun.
Jika membeli sebuah "apartemen", maka akan mendapat Sertifikat HGB ( Hak Guna Bangunan ). HGB ada batasan waktunya sampai 20 tahun.

Perlu diperhatikan, HGB ada 2 macam :
- HGB Murni. Berarti tanah tersebut milik Developer. Jika setelah sertifikat HGB habis maka bisa diperpanjang.
- HGB diatas HPL ( Hak Pengelolaan Lahan ). Berarti tanah tersebut bukan milik Developer, melainkan kerjasama developer dengan pihak lain sebagai pemilik tanah. Setelah jangka waktu kerjasama habis maka hak bangunan dan tanah menjadi hak pemilik tanah.

* Kenyamanan
   Dengan membeli rumah yang memiliki luas bangunan lebih besar daripada apartemen, tentu akan lebih nyaman untuk dihuni bersama keluarga. Bahkan bisa memiliki pekarangan, garasi, taman bahkan kolam renang pribadi dirumah. Jika kenyaman adalah faktor utama maka membeli rumah adalah pilihannya.

* Investasi
   Dari segi investasi membeli rumah atau apartemen sama-sama menguntungkan, karena seiring dengan waktu harga property baik rumah maupun apartemen akan selalu naik.
Membeli apartemen di kota Jakarta adalah sebuah alternatif investasi yang menguntungkan. Lain halnya di kota lain seperti Bandung, Yogja, Semarang dll, orang masih lebih suka memilih tempat tinggal di rumah biasa.

* Privasi
   Terkadang ada keinginan mempunyai tempat tinggal yang jauh dari gangguan orang-orang dilingkungan tempat tinggal. Bukan karena tidak mau bergaul dengan orang sekitar tetapi lebih mencari ketenangan. Apartemen biasanya menjadi pilihan untuk tinggal yang lebih privasi karena kebanyakan orang yang tinggal di apartemen adalah orang-orang yang sibuk.

* Biaya Perawatan
   Bila tinggal di rumah banyak sekali macam iuran yang harus dibayar mulai dari keamanan, kebersihan, listrik, telepon, tukang potong rumput, iuran acara RT dll.
Berbeda bila tinggal di apartemen, biaya perawatan ( maintenance ) sifatnya berkala 1 bulan atau 6 bulan sekali.
Tapi memang nominal keseluruhan untuk biaya perawatan apartemen lebih mahal dibandingkan rumah.


Demikian beberapa faktor yang dapat dijadikan pertimbangan saat ingin membeli rumah atau apartemen.

Semoga bermanfaat ...